Cara Menguji Kemampuan Sistem Keamanan Smartphone Android

Sahabat VPN Android Indonesia, Anda pastinya masih belum tahu cara untuk menguji kemampuan sistem keamanan smartphone Android yang dimiliki. Nah, untuk mengujinya tidaklah sulit dan Anda bisa juga menggunakan VPN android sebagai pelengkap untuk melindungi smarpthone Anda.

Baca Juga:
Cara Tepat Menggunakan VPN Android untuk Internet Gratis

1. Menguji Kemampuan dari Firewall

Tes pertama berikut ini sangat penting untuk Anda coba, karena ini menyangkut mengenai sistem keamanan jaringan pada hp Android Anda saat sedang terhubung ke internet. Cara ini sebenarnya lebih banyak digunakan pada pengguna komputer seperti PC dan laptop. Akan tetapi, tentu saja cara ini juga bisa bermanfaat untuk Anda para pengguna Android. Cara untuk menguji kemampuan dari firewall pada perangkat Android Anda berikut ini, bisa Anda coba dengan membuka alamat situs Shield Up! di grc.com/shieldsupTes.

Cara Menguji Kemampuan Sistem Keamanan Smartphone Android
Cara Menguji Kemampuan Sistem Keamanan Smartphone Android

Website ini akan sangat membantu Anda untuk mengecek setiap port yang ada pada perangat hp Android Anda yang jumlah port yang bisa dicek adalah 1000 port. Setelah proses pengecekan selesai, maka situs ini pun akan mengeluarkan hasil dari pengecekan sekaligus hasil dari pengujiannya. Jika, memang ada salah satu port pada perangkat Android Anda yang berbahaya, maka situs ini akan menampilkannya. Dengan cara ini tentunya Anda bisa lebih berhati-hati menggunakan internet, dan segera ganti atau update sistem firewall Anda, agar virus tidak masuk melalui port yang sedang terbuka saat Anda menggunakan internet.

2. Menguji Sistem Keamanan dari Browser yang Anda Gunakan

Cara pengujian antivirus selanjutnya yang bisa Anda lakukan pada perangkat Android Anda adalah dengan mengetes keamanan dari browser pada perangkat Android Anda. Untuk melakukan pengujian ini maka Anda bisa membuka situs yang bernama Panopticlick di alamat panopticlick.eff.org. Situs ini akan membantu Anda dalam menguji seberapa kuat kemampuan dari aplikasi browser yang Anda gunakan pada perangkat hp Android Anda tersebut untuk memblokir ancaman keamanan.

Beberapa ancaman yang bisa membahayakan kemanan dari perangkat hp Android Anda tersebut berupa, tracking ads, invisible tracker, melindungi kemanan dari fingerprinting sebuah situs, dan lain sebagainya. Jika, memang semua tes yang dilakukan oleh situs Panopticlick ini gagal, maka itu berarti aplikasi browser yang Anda gunakan sudah tidak aman lagi, dan segera hapus browser tersebut, lalu ganti dengan browser lainnya.

3. Menguji Kemampuan dari Antivirus pada HP Android

Cara ketiga ini tentunya termasuk yang paling penting juga. Antivirus pada perangkat Android memang selalu ada sebagai bawaan. Dan kemampuan dari masing-masing antivirus tersebut berbeda-beda satu sama lainnya, dimana pasti ada kekurangan dan juga kelebihannya. Untuk mengetahui seberapa kuat antivirus yang Anda gunakan pada perangkat hp Android Anda, maka Anda bisa menggunakan sistem pengujian yang bernama EICAR atau European Expert Group for IT-Security.

Untuk melakukan pengujian dari EICAR ini Anda harus memiliki beberapa file yang bisa Anda dapatkan di eicar.org/85-0-Download.html. File-file tersebut akan melakukan uji coba pada antivirus yang Anda gunakan, yang berarti file-file tersebut merupakan file virus palsu yang tidak akan membahayakan hp Android Anda. Tapi, jika memang antivirus Anda cukup kuat dalam menangkap virus, maka file-file tersebut tentunya akan terdeteksi sebagai virus.

Baca Juga:
Cara Terbaik Koneksi Wifi Tanpa Password dengan WPS

Demikianlah artikel tentang cara menguji kemampuan sistem keamanan smartphone Android. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memasang VPN android untuk menambah perlindungan pada smartphone yang digunakan saat berinternet.
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment